Senin, 02 Maret 2015

Cerpen : Bukan Masa Depan Yang Suram



Nama saya Joko… Saya tidak memiliki orang tua, yang saya miliki di Dunia ini hanya saudara dan dia bernama Danu. Banyak dari kami yang  bernasip seperti saya,  mungkin kami semua bukan orang yang beruntung, kami tidak memiliki tempat tinggal, setiap hari kami tidur di berbagai tempat, mulai di pinggir jalan, di teras rumah orang, atau di tempat yang menurut kami itu nyaman dan aman. Saya pikir saya tidak punya masa depan, hidup saya hancur dan menderita.
                Pagi ini saya terbangun dan hari masih gelap, saat ini kami berada di bawah jembatan. Di hari yang masih gelap ini saya memikirkan seperti apa takdir saya kelak dan apa yang akan terjadi kelak. Seiring memikirkan itu, Azan pun tiba, saya langsung pergi ke masjid untuk Sholat. Selesai Sholat saya berdoa ke pada Alllah, semoga hari ini saya bisa makan dan di beri rejeki serta hari ini bisa berjalan dengan lancar. Keluar dari masjid, saya pun kembali ketempat kami tidur tadi. Sampai di tempat itu, saya tidak melihat Danu, saya mulai cemas karena cuma dia teman yang saya punya. Saya pun berteriak di saat hari masih gelap.
”DANU!!! DANU!!! Dimana dia… Jika dia hilang pasti saya akan hidup sendiri disini… DANU!!! DANU!!!”, Teriak saya.
Hati saya pun mulai semakin cemas, saya keliling di area itu sambil berteriak.
“DANU!!! DANU!!! WOY MONYET!!! KAMU DI MANA WOY!!! JAWAB NYET!!!...”, Teriak saya dgn histeris.
“NJIR!!! GUE DI SINI NJIR!!!”, Danu pun menjawabnya.
“DIMANA DAN?! JANGAN TINGGALIN SAYA DAN!!!... KAMU DIMANA DAN?...”
“KAGAK USAH NYARI NYARI GUE WOY!!! GUE LAGI BUANG AER!!!”
“KAMPRET!!! NGOMONG DARI TADI NYET!!!”
Saya fikir saya akan kehilangan Danu, ternyata dia hanya pamit sebentar karena ada panggilan alam.
                Setelah menunggu lama Danu pun muncul. Matahari mulai bersinar, kami pun bersiap untuk mengamen agar kami bisa makan dan menabung untuk membeli Monas #Sejak Kapan Monas bisa di beli?. Jalanan pun mulai di penuhi oleh kendaraan dan saat itu lah kami beraksi.
“Iwak peyek… Iwak peyek… Iwak peyek nasi aking… Sampe tuek, Sampe nenek situ pasti bakalan mampus… Wooo ooo wooo ooo…”, Nyian dari Danu untuk pelanggan nya.
“EH… SITU NYANYI ATO NYUMPAHIN?! KEPENGEN DISUNAT LO?!...” Jawab pelanggan Danu.
“Eh… Ampun Bang… Minta sawer nya dong bang…”, Kata Danu.
Akhir nya Danu pun mendapatkan rejeki nya.
“Wihhh… Kamu dapat uang berapa Dan?...” Tanya saya.
“Nih, Gue cuma di kasih seribu sama pelanggan gue tadi… Mobil aja yang keren, tapi pelit…”, jawab Danu.
“Mobil nya keren? Emang pelanggan nya tadi pake mobil apa?...”, Saya penasaran.
“Pake mobil Bajai…”, Jawab Danu        |        “Nyet! Itu di bawah keren…”, kata saya.
                Sekarang bagian saya yang mengamen,
“Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik… Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik… Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik… Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik… Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik… Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik… #Justin Bieber – Baby…” Nyanyian dari saya.
“DIEM KAGAK LO! APA PERLU MULUT LO GUE SEMPEL PAKE JOK MOBIL?...”, jawab pelanggan saya.
“Eh, Sorry Bang… Saweran nya dong Bang…”, Kata saya.
Akhir nya Danu pun bertanya berapa uang yang saya dapatkan tadi.
“Saya cuma dapat 2000, besar dikitlah dari yang kamu …”, jawab saya.
“2000? Dikit amat sih? Elu nyanyi apa an tadi kok dapet saweran nya 2000?...”, tanya Danu.
“La saya cuma bilang Beibe, Beibe, Beibe Ooo Laik sampe enam kali kok…”
                Waktu pun berjalan, hari mulai beranjak sore, kami pun istirahat dan mulai menyantap makanan yang kami beli.
“Eh… elo tadi beli apa?...”, kata Danu    |     “Saya Cuma beli nasi bungkus pake telor…”, Jawab saya.
“Hmmm… Begitu ya… Eh Ko, di belakang lo ada cewek cantik senyum kearah elo tu…”, Kata Danu.
“Mana? Gak ada tu?... Eh, perasaan nasi saya tadi ada telor nya, kok gak ada ya?... Haaa, kamu kan yang ngambil telor saya?... Ayo ngaku!...”
“Astagfirullah… Situ tega amat nuduh temen sendiri maling telor… “
“Terus itu telor siapa?...”   |   “Ya telor gue lah…”     |    “Hmmm, Begitu ya… Yaudah...”
                Malam pun tiba dan kami mencari tempat utk tidur, saat ingin tidur saya tidak sengaja melihat nenek yang lagi diperas sama seorang penjahat dan saya pun memberitahu Danu. Kami berdua pun ke situ utk menolong nenek itu.
“Eh… Lepas kan nenek itu ato kamu kami habisi!...”, kata Danu
“Waduh… Jgn bawa bawa saya dong, saya ga bisa berantem…”, jawab saya.
“Eh Begok… Elo pikir gue bisa? Gue gak bisa berantem… Kita pukul pukul aja tu penjahat…”
“EH… BOCAH! NGAPAIN BENGONG? CEPETAN LAWAN GUE…”, kata penjahat.
“Onde Mande Ko… Gue takut lawan ni penjahat…”   |    “Sama, saya juga Dan… Lari yuk?...”
“Eh kagak usah, kita lawan aja… Kalo ntar kita matikan sapa tau bakalan masuk Sorga?...”
“Oh… iya iya.. Yuk Serang…”       #WATAU!!!
                #BAG!!! BIG!!! BUG!!! AWW!!! WAA!!! STRING!!! STRANG!!! DORRR!!! BUUUARR!!! BOOOM!!! BAG!!! BIGGG!!! BUGG!!!
“Aduh begok! Yang di hajar ntuh ni penjahat!!! Gue jangan elu sikat juga!!!”, Kata Danu.
“Sorry, Sorry… #Bug!!! Adoh masa depan saya di tendang woy!!! Sakit woy!!!”, Kata saya.
“YAAA!!! HAJAR CUNG!!! HAJAR CUNG!!! BUAT NENEK BANGGA CUNG!!!”, Kata Nenek.
                Saya pun melihat sebuah mangga di dekat saya, lalu mangga itu saya ambil.
“Woy! Bukan nya nolongin gue, elu malah makan mangga!!!”, kata Danu.
“Eh, kok malah dituduh makan mangga… DANU MERENGKAN KEPALAMU!!!”, kata saya.
Buah mangga tadi saya lempar kearah penjahat dan mengenai kepalanya #HeadShoot!!!, alhasil penjahat itu pun terkapar di TKP.
“YEEE!!! Penjahat nya udah mampus!!! Eh cung kamu tinggal dimana?”, kata nenek.
“Kami anak jalanan nek, gak punya tempat tinggal…”, Jawab saya.
 “Ayo cung tolong antar nenek kerumah…”, kata nenek.
“Wah… bener bener ni nenek, udah ditolong malah minta lebih…”, kata Danu.
Sampai di rumah nenek, kami terkejut karena rumah nenek tersebut sungguh megah dan beliau tinggal sendirian. Kami berdua disana di izinkan untuk tinggal, kami di sana dianggap sebagai cucu nya. Hidup kami berubah saat kejadian itu dan membuat kami sadar bahwa keadaan yang hancur belum tentu membuat masa depan kami juga hancur.

By : H.S.R
Thanks to : ALLAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar